Jumat, 17 Februari 2017

Bab 6 : Persepsi dan Pengambilan Keputusan Individu

BAB 6
PERSEPSI DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN INDIVIDU

1.        PERSEPSI
Persepsi (Perception)adalah proses individu mengorganisasikan dan menginterpretasikan kesan sensoris untuk memberikan pengertian pada lingkungannya.

2.        PERSEPSI ORANG : MEMBUAT PENILAIAN ATAS ORANG LAIN
Teori Atribusi
Teori Atribusi (Attribution Theory)adalah sebuah percobaan untuk menentukan apakah perilaku seorang individu disebabkan dari internal atau eksternal. Perilaku yang disebabkan internal adalah yang dipercaya pengamat berada dalam kendali perilaku pribadi individu. Sedangkan perilaku yang disebablan eksternal adalah apa yang kita bayangkan situasu memaksa individu untuk melakukannya.
Kesalahan Atribusi Fundamental (fundamental attribution error)adalah sebuah kecenderungan untuk meremehkan pengaruh faktor-faktor eksternal dan melebihkan pengaruh faktor-faktor internal atau pribadi ketika membuat penilaian mengenai perilaku orang lain.
Bias Pelayanan Diri (Self-Serving Bias) adalah sebuah kecerendungan untuk mengatribusikan kesuksesan mereka pada faktor-faktor internal seperti kemampuan atau usaha, tetapi menyalahkan kegagalan pada faktor-faktor eksternal.

3.        JALAN PINTAS DALAM MENILAI ORANG LAIN SECARA UMUM
Persepsi Selektif (Selective Perception)adalah sebuah kecenderungan untuk secara selektif menginterpretasikan apa yang seseorang lihat dalam basis minat, latar belakang, pengalaman dan sikap seseorang.
Efek Halo (Halo Effect) adalah sebuah kecenderungan untuk menggambarkan impresi umum mengenai seseorang individu berdasarkan karakteristik tunggal.
Efek Kontras(Contrast Effect) adalah evaluasi atas karakteristik seseorang yang dipengaruhi oleh perbandingan dengan orang lain yang baru muncul yang berperingkat lebih tinggi atau rendah dalam karakteristik yang sama.
Stereotip(Stereotype)adalah Menilai seseorag berdasar persepsi mengenaikelompok asalnya. Satu masalah dari stereotip adalah adanya generalisasi yang menyebar luas, meskipun mungkin tidak mengandung kebenaran ketika Diaplikasikan Pada Prang Atau Situasi Tertentu.
Aplikasi Spesifik dari Jalan Pintas dalam Organisasi
Wawancara Kerja. Sedikit orang yang direkrut tanpa melalui wawancara. Namun, pewawancara membuat penilaian perseptual yang sering kali tidak akurat.
Ekspektasi Kinerja. Prediksi pemenuhan diri dan efek pygmalion menjelaskan bagaimana perilaku seorang individu ditentukan oleh ekspektasi orang lain. Prediksi Pemenuhan Diri (Self-Fulfilling Prophecy)adalah sebuah situasi dimana seseorang secara tidak akurat menilai orang kedua dan ekspektasi yang dihasilkan menyebabkan orang kedua itu berperilaku dengan cara yang konsisten dengan persepsi asli.
Evaluasi kinerja. Evaluasi kinerja sangat tergantung pada proses perseptual. Evaluasi yang bersifat subjektif meskipun kadang perlu , adalah problematik karena kesalahan yang kita diskusikan-persepsi selektif, efek kontras, efek halo dan seterusnya.



4.        HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN INDIVIDUAL
Individu melakukan pengambilan keputusan (decision), pilihan yang dibuat dari 2 atau lebih alternatif. Pengambilan keputusan terjadi sebagai reaksi atas masalah (problem), yaitu sebuah perbedaan antara situasi sekarang dan yang diinginkan. setiap keputusan membutuhkan kita untuk menginterpretasi dan mengevalasi informasi. kita juga perlu mengembangkan alternatif-alternatif dan mengevaluasi kekuatan dan kelemahannya. sekali lagi, proses perseptual kita akan memengaruhi hasil akhir.

5.        PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM ORGANISASI
Rasionalisasi yang dibatasi : Membuat keputusan dengan membuat berbagai model sederhana yang menggali fitur dasar dari masalah tanpa mendapatkan semua kerumitannya.
1.         Pengambilan Keputusan Rasional
Pengambil keputusan harus membuat pilihan memaksimalkan nilai yang konsisten dalam batas-batas tertentu. Ada enam langkah dalam model pengambilan keputusan yang rasional, yaitu :
§  menetapkan masalah,
§  mengidentifikasi kriteria keputusan,
§  mengalokasikan bobot pada kriteria,
§  mengembangkan alternatif,
§  mengevaluasi alternatif,
§  memilih alternatif terbaik.
Model pengambilan keputusan yang rasional diatas mengandung sejumlah asumsi, yaitu :
§  Kejelasan masalah : pengambil keputusan memiliki informasi lengkap sehubungan dengan situasi keputusan.
§  Pilihan-pilihan diketahui : pengambil keputusan dapat mengidentifikasi semua kriteria yang relevan dan dapat mendaftarkan semua alternatif yang dilihat.
§  Pilihan yang jelas : kriteria dan alternatif dapat diperingkatkan sesuai pentingnya.
§  Pilihan yang konstan : kriteria keputusan konstan dan beban yang ditugaskan pada mereka stabil sepanjang waktu.
§  Tidak ada batasan waktu dan biaya : sehingga informasi lengkap dapat diperoleh tentang kriteria dan alternatif.
§  Pelunasan maksimum : alternatif yang dirasakan paling tinggi akan dipilih.
2.         Rasionalitas terbatas : para individu mengambil keputusan dengan merancang bangun model-model yang disederhanakan yang menyuling ciri-ciri hakiki dari masalah tanpa menangkap semua kerumitannya. Bila berhadapan pada masalah yang kompleks, kebanyakan orang menanggapi dengan mengurangi masalah pada level mana masalah itu dapat dipahami. Ini disebabkan karena kemampuan manusia mengolah informasi terbatas, membuatnya tidak mungkin mengasimilasi dan memahami semua informasi yang perlu untuk optimisasi.
3.         Intuisi : penggunaan intuisi untuk mengambil keputusan tidak lagi dianggap tak rasional atau tak efektif. Ada pengakuan yang makin berkembang bahwa analisis rasional terlalu ditekankan dan bahwa dalam kasus-kasus tertentu mengandalkan pada intuisi dapat memperbaiki pengambilan keputusan. Namun perlu dilihat bahwa definisi intuitif dari para ahli adalah suatu proses tak sadar yang diciptakan dari dalam pengalaman yang tersaring. Intuisi ini juga saling melengkapi dengan analisis rasional.

6.        BIAS DAN KESALAHAN UMUM DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN
§  Bias Terlalu Percaya Diri (Over confidence Bias) : Tidak ada masalah dalam penilaian dan keputusan yang lebih umum dan berpotensi menimbulkan bencana besar dari pada kepercayaan diri yang berlebih.
§  Bias Jangkar : Kecenderungan untuk sangat tertarik dengan informasi awal, darimana kita kemudian gagal menyesuaikan diri dengan baik untuk informasi yang berikutnya;
§  Bias Konfirmasi : Kecenderungan untuk mencari informasi yang menguatkan pilihan-pilihan masa lalu dan mengabaikan informasi yang bertentangan dengan penilaian-penilaian masa lalu.
§  Bias Ketersedian : kecenderungan orang untuk mendasarkan penilaian pada informasi yang siap tersedia bagi mereka.
§  Peningkatan Komitmen : Komitmen yang meningkat untuk sebuah keputusan meskipun terdapat informasi negatif.

7.        PENGARUH DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN : PERBEDAAN INDIVIDU DAN BATASAN ORGANISASI
*        Perbedaan Individu, meliputi :
§  Kepribadian
Riset tentang kepribadian dan pengambilan keputusan menunjukkan bahwa kepribadian seseorang  mempengaruhi keputusan seseorang.
§  Jenis Kelamin
Sebuah studi selama dua puluh tahun menemukan bahwa wanita menghabiskan lebih banyak waktu daripada pria dalam menganalisis masa lalu, masa kini, dan masa depan. Mereka lebih cenderung menganalisis masalah secara berlebihan sebelum membuat sebuah keputusan dan mengolah keputusan yang telah dibuat. Hal ini dapat menimbulkan pertimbangan masalah dan alternatif penyelesaian yang lebih hati-hati. Namun, hal ini dapat membuat masalah lebih sulit diselesaikan, meningkatkan penyesalan atas keputusan-keputusan masa lalu, dan meningkatkan depresi.
§  Kemampuan Mental
Orang-orang dengan tingkat kemampuan mental yang lebih tinggi dari mampu memproses informasi lebih cepat, memecahkan masalah lebih akurat, dan belajar lebih cepat, sehingga mereka juga lebih sedikit berisiko salah dalam mengambil keputusan umum. Namun, kemampuan mental tersebut hanya membantu orang-orang untuk menghindari mereka dari beberapa masalah tersebut.
§  Perbedaan Budaya
Latar belakang budaya dalam pengambilan keputusan secara signifikan dapat mempengaruhi pemilihan masalah, kedalaman analisis, pentingnya logika dan rasionalitas, dan apakah keputusan organisasi harus dibuat autokrat oleh seorang manajer  atau secara kolektif dalam kelompok.
*        Batasan Organisasi, meliputi :
§  Evaluasi Kinerja
Jika manajer divisi percaya bahwa kinerja pabrik di bawah tanggung jawabnya beroperasi dengan baik ketika dia tidak mendengar hal negatif, maka manajer yang menangani pabrik tersebut akan berusaha agar hal negatif tersebut tidak sampai kepada atasannya yaitu manajer divisi.

§  Sistem Imbalan
Sistem imbalan organisasi mempengaruhi pengambil keputusan dalam menentukan pilihan pembayaran pribadi mana yang lebih baik.  Jika organisasi menghindari risiko pemberian imbalan, maka manajer itu kemungkinan besar menggunakan keputusan konservatif.
§  Peraturan Baku
Semua organisasi kecuali organisasi yang kecil membuat peraturan dan kebijakan untuk memprogram keputusan dan mengarahkan individu bertindak sesuai dengan yang diharapkan.  Dengan demikian, mereka membatasi pilihan-pilihan keputusan.
§  Batasan Waktu Akibat Sistem
Hampir semua keputusan penting ada deadline nya. Kondisi ini sering membuat sulit, jika tidak mungkin, bagi para manajer untuk mengumpulkan semua informasi sebelum membuat keputusan.
§  Contoh Historis
Keputusan-keputusan individu merupakan poin-poin dalam arus pilihan yang dibuat pada masa lampau. Jadi, pilihan yang dibuat hari ini sebagian besar merupakan hasil dari pilihan yang dibuat selama bertahun-tahun.

8.        BAGAIMANA MENGENAI ETIKA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN ?
Etika juga termasuk hal yang perlu diperhatikan dalam segala bentuk pembuatan keputusan. Ada tiga kriteria yang digunakan untuk melakukan sebuah keputusan, yaitu :
1.    Utilitarianisme, yaitu Pembuatan keputusannya semata mata berdasarkan outcome/keluaran, untuk menghasilkan sesuatu yang baik dalam jumlah yang besar dan umumnya dapat ditemukan dalam pembuatan keputusan berbisnis. Kelebihan yang dimiliki oleh kriteria ini ialah pencapaian efisiensi dan produktivitas, sementara kelemahannya ialah mengesampingkan hak-hak yang dimiliki oleh individu.
2.    Whistle-blower, yaitu Pembuatan keputusan yang didasarkan pada hak-hak yang dimiliki, seperti saling menghargai dan melindungi hak-hak dasar tiap individu. Hal ini diterapkan untuk memberikan kepada whistle-blower, yaitu individu yang membuka masalah organisasi secara tidak pantas pada media atau pemerintah menggunakan hak untuk berbicaranya. Kelebihan yang dimiliki oleh kriteria ini ialah  perlindungan pada individu dari kecelakaan dan mengutamakan kebebasan dan privasi, sementara kelemahannya ialah mencegah tercapainya efisiensi dan produktivitas.
3.    Etika Perilaku, yaitu Pembuatan keputusannya berdasarkan melaksanakan tiap peraturan yang dibuat secara adil dan fair, atau adanya keseimbangan dalam distribusi keuntungan dan biaya. Umumnya digunakan oleh Serikat pekerja, agar mereka mendapatkan upah yang sama dengan job desk yang dilaksanakan. Kelebihan yang dimiliki oleh kriteria ini ialah perlindungan pada individu yang lebih lemah, sementara kelemahannya ialah mengurangi inovasi, produktivitas dan pengambilan resiko.

9.        KREATIVITAS, PENGAMBILAN KEPUTUSAN KREATIF, DAN INOVASI DALAM ORGANISASI
Dalam pengambilan sebuah keputusan,seorang pengambil keputusan tidak hanya memerlukan pengambilan keputusan rasional saja,melainkan mereka juga membutuhkan kreativitas. Kreativitas mendorong pengambil keputusan untuk menilai dan memahami masalah.
MODEL TIGA TAHAP DARI KREATIVITAS
Kreativitas melibatkan tiga tahapan,yaitu penyebab perilaku kreatif, perilaku kreatif, dan hasil kreatif atau inovasi.




1.    Perilaku Kreatif
1.1.   Formulasi Masalah
Formulasi masalah adalah tahap pertama dalam perilaku kreatif, yaitu tahapan pengidentifikasian masalah atau peluang yang belum ada solusinya.
1.2.   Pengumpulan Informasi
Adalah tahapan ketika kita mulai mengumpulkan informasi dalam upaya mencari solusi dari suatu masalah,contohnya ketika bertemu seseorang di luar bidang keahlian kita untuk membahas solusi.
1.3.   Pemunculan Ide
Adalah tahapan ketika kita berusaha untuk mengembangkan solusi yang memungkinkan,berdasar informasi-informasi relevan yang telah terkumpul.
1.4.   Evaluasi Ide
Evaluasi ide merupakan tahapan terkahir dalam perilaku kreatif,yaitu mengidentifikasi ide-ide atau solusi yang paling tepat.
2.    Penyebab Perilaku Kreatif
2.1.   Potensi Kreatif
Potensi kreatif  berasal dari banyak hal,yaitu kepribadian kreatif yang dimilki seseorang, kecerdasan, sifat keterbukaan terhadap pengalaman, dan keahlian.
§  Kepribadian Kreatif
Seseorang yang memilki  karateristik kepribadian kreatif memilki potensi kreatif yang tinggi, contohnya Steve Jobs yang memilki kreatiftas dalam hal bisnis,dan Pablo Picaso yang memilki kreatifitas yang tinggi dalam bidang seni melukis.
§  Kecerdasan
Orang-orang yang cerdas mereka mampu memecahkan masalah yang kompeks karena memiliki kreatifitas yang lebih, selain itu mereka juga mamu menampung dan mengingat  informasi yang lebih banyak,dimana informasi informasi tersebut tentu mendorong mereka untuk mengembangkan kreatifitas.
§  Sifat Keterbukaan Terhadap Pengalaman
Orang-orang yang terbuka terhadap pengalaman bersifat lebih terbuka terhadap keragaman dan mau mencoba hal baru,tentu saja mereka memilki pengalaman dan pengetahuan yang lebih dibanding orang-orang yang tertutup terhadap pengalaman,dimana pengalaman dan pengetahuan yang lebih akan mendorong mereka untuk lebih kreatif.
§  Keahlian
Keahlian merupakan hal utama dala semua pekerjaan kreatif,karena orang yang ahli dalam bidang tertentu memilki kemampuan,pengetahuan,dan kecakapan yang dibutuhkan untuk mengembangkan kreatifitas dalam bidang tersebut.
2.2.   Lingkungan Kreatif
Potensi kreatif tentunya harus didukung juga oleh lingkungan yang  dapat merealisasikan potensi kreatif tersebut,faktor-faktor lingkungan kreatif mencakup :
§  Motivasi Internal
Motivasi internal ( keinginan dari dalam diri untuk mengerjakan sesuatu) mendorong seseorang untuk berperilaku kreatif,sehingga menghasilkan sesuatu yang kreatif pula.
§  Lingkungan Organisasi
Kreativitas juga dipengaruhi oelh lingkungan organisasi. Aturan dalam organisasi harus memberikan kebebasan para anggotanya untuk mengembangkan ide,sehingga akan mendorong kreativitas mereka.
§  Budaya
Negara-negara yang memilki budaya individualistis yang tinggi warga negaranya cenderung lebih kreatif,sifat  individual membentuk pola pikir  mereka untuk melakukan suatu hal  secara individual sehingga mendorong mereka untuk lebih kreatif. Contoh negara-negara yang memilki budaya individualistis yang tinggi adalah USA, Rusia,Jerman,dan Belgia.
§  Kepemimpinan
Sifat kepemimpinan seorang pemimpin juga berpengaruh terhadap perkembangan kreativitas dari para bawahannya. Seorang pemimpin yang berperilaku transparan,memacu dan mendorong para pekerjanya untuk berkembang, akan mendorong para pekerjanya untuk lebih kreatif, sebaliknya pemimpin yang berperilaku menghukum dan tidak mendukung akan membuat para pekerjanya merasa tertekan sehingga menghambat perkembangan kreatifitas mereka sendiri.
§  Keberagaman Anggota Tim
Dengan adanya keberagaman dalam anggota tim memungkinkan para anggota untuk saling bertukar pikiran dan pengetahuan yang akan mendorong perkembangan kreativitas dari anggota tim itu sendiri.
3.    Keluaran dari Kreatif (inovasi)
Perilaku kreatif tidak selalu menghasilkan hasil kreatif atau inovatif. Keluaran atau outcome dari perilaku kreatif adalah ide atau solusi-solusi yang baru dan berguna bagi mereka yang berkepentingan. Sebuah ide atau solusi mampu dikatakan kreatif apabila mampu memecahkan suatu masalah. Ide-ide kreatif akan percuma jika tidak diimplementasikan, para individu dapat mengimplementasikan ide-ide tersebut ketika mereka termotivasi untuk mengimplementasikan dalam praktik nyata. Selain itu iklim organisasi harus mendukung adanya pengembangan kreativitas sehingga mampu menciptakan inovasi.

























DAFTAR PUSTAKA

Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge. 2015. Perilaku Organisasi. (Terj.) Ratna Saraswati dan Febriella Sirait. Jakarta: Salemba Empat.






2 komentar: